Rencanakan Kematian Yang lebih Indah
Jika kematian itu adalah sautu kebenaran yang pasti kita rasakan,
maka mengapa kita seakan acuh-tak acuh saja padanya? Mengapa kita seakan
melupakannya? Mengapa kesibukan menjalani kehidupan sementara di dunia
ini menyebabkan kita seakan tidak maksimal dalam menghadapi kematian?
Khutbah I
إن الحمد لله وحده, نحمده و نستعينه و نستغفره ونتوب اليه ونعوذ بالله من
شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا من يهده الله فهو المهتد ومن يضلله فلن تجد له
وليا مرشدا, أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده
ورسوله بلغ الرسالة وأدى الأمانة ونصح للأمة وتركنا على المحجة البيضاء
ليلها كنهارها لا يزيغ عنها الا هلك, اللهم صل وسلم على نبينا محمد وعلى
آله وصحبه ومن دعا بدعوته الى يوم الدين. أما بعد, فيا عباد الله اوصيكم
ونفسي الخاطئة المذنبة بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون. وقال الله تعالى في
محكم التنزيل بعد أعوذ بالله من الشيطان الرجيم :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (ال عمران : (102)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (ال عمران : (102)
Kaum muslimin rahimakumullah…
Pertama-tama, marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita pada Allah
dengan berupaya maksimal melaksanakan apa saja perintah-Nya yang
termaktub dalam Al-Qur’an dan juga Sunnah Rasul saw. Pada waktu yang
sama kita dituntut pula untuk meninggalkan apa saja larangan Allah yang
termaktub dalam Al-Qur’an dan juga Sunnah Rasul Saw. Hanya dengan cara
itulah ketakqawaan kita mengalami peningkatan dan perbaikan….
Selanjutnya, shalawat dan salam mari kita bacakan untuk nabi Muhammad Saw sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur’an :
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas Nabi
(Muhammad Saw). Wahai orang-orang beriman, ucapkan shalawat dan salam
atas Nabi (Muhammad) Saw. ( Al-Ahzab : 56)
Kaum Muslimin rahimakumullah….
Rutinitas kehidupan terkadang menyebabkan kita lupa pada kematian.
Padahal, kematian itu adalah sebuah peristiwa besar yang pasti kita
alami dan rasakan. Kematian adalah sunnatullah (sistem Allah) bagi
setiap makhluk yang diberi-Nya kesempatan hidup di dunia ini, termasuk
manusia, sebagaimana firman-Nya :
لُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ
فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا مَتَاعُ الْغُرُورِ
Setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. Dan sesungguhnya
pada hari kiamatlah akan disempurnakan balasan (amal) kalian. Maka,
siapa yang (hari itu) dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam
syurga, maka sungguh ia telah sukses besar. Dan tidak adalah kehidupan
dunia ini kecuali (sedikit) kenikmatan yang menipu. (QS. Ali Imran : 185)
Jika kematian itu adalah sautu kebenaran yang pasti kita rasakan,
maka mengapa kita seakan acuh-tak acuh saja padanya? Mengapa kita seakan
melupakannya? Mengapa kesibukan menjalani kehidupan sementara di dunia
ini menyebabkan kita seakan tidak maksimal dalam menghadapi kematian?
kesibukan kita dalam menjalani kehidupan sementara ini, benar-benar
telah memalingkan hati dan pikiran kita dari kematian; satu peristiwa
besar yang pasti menimpa diri kita semua. Hal tersebut terbukti bahwa
konsentrasi kita mengumpulkan harta, menambah jumlah tabungan bank,
mencari berbagai sumber uang untuk merancang dan membangun rumah di
dunia dan berbagai kebutuhan hidup lainnya melebihi konsentrasi kita
merancang kematian itu sendiri. Padahal kematian adalah suatu kepastian.
Hampir setiap hari kita melihat kematian. Sedangkan kematian adalah
penentu keberhasilan atau kegagalan dalam perjalanan panjang kita menuju
Allah Tuhan Pencipta alam.
Oleh sebab itu, mari kita fokuskan hidup kita untuk merancang
kematian, dengan cara mendesain hidup ini semuanya hanya untuk Allah dan
dijalankan sesuai aturan Allah dan Rasul-Nya. Berbahagialah orang-orang
yang diberi Allah kemudahan untuk mendesain semua aktivitas hidupnya
hanya untuk Allah dan dapat dijalankan sesuai aturan Allah dan Rasul
Muhammad Saw. Sebaliknya, celakalah orang-orang yang memilih jalan
hidupnya selain jalan Allah, semua aktivitas hidupnya bukan untuk Allah
dan dijalankan di luar ketentuan Allah dan Rasul-Nya.
Kaum Muslimin rahimakumullah….
Sebelum kematian tiba, kita akan melewati suatu fase yang bernama
sakratulmaut. Sakratulmaut adalah pintu gerbang kita menuju kematian.
Sakratulmaut adalah peristiwa yang amat menakutkan, karena saat
sakrtaulmaut tiba, tak seorangpun dapat membantu dan menolong kita,
kendati saat kritis itu, istri, sanak saudara dan handai tolan sedang
mengelilingi kita. Kita akan bergulat sendirian dengan sakratul maut itu
di tengah keramain orang-orang yang kita cintai dan sayangi. Semua
mereka hanya dapat menatap kita dengan pandangan mata yang hampa. Saat
itulah kita akan merasakan langsung apakah kita termasuk orang yang
telah merancang kematian atau bukan. Apakah kita termasuk orang yang
siap menghadapi kematian atau bukan.
Sakratulmaut adalah bahasa Al-Qur’an yang terdiri dari dua kata
“sakrotan”; pecahan dari kata : سكر – يسكر – سكرا (sakiro – yaskaru –
sakran) yang berarti “mabuk atau teler”. Kata “maut”; pecahan dari kata :
مات – يموت – موتا (maata – yamuutu – mautan) yang berarti “mati”. Maka
Sakratulmaut berarti “kondisi mabuk menghadapi saat kematian’.
Sakratulmaut juga dapat diakatakan sebagai warming up (pemanasan)
kematian. Karena kematian itu sulit, berat dan amat sakit maka
diperlukan pemanasan. Di samping itu, sebagaimana kehidupan pertama
manusia memerlukan proses dan tahapan, maka kematian juga memerlukan
proses dan tahapan agar bisa memasuki alam lain bernama Barzakh; sebuah
alam yang jauh lebih besar dan sangat berbeda situasi, kondisi dan
lingkungannya dengan bumi saat kita hidup di dunia.
Sakratulmaut adalah sesuatu yang ditakuti manusia. Faktanya, berbagai
riset dan upaya telah dilakukan manusia untuk menghindarinya seperti,
menciptakan obat-obatan untuk memperpanjang umur. Hal tersebut
digambarkan Allah dalam firman-Nya :
وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ذَلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ
Saat datanglah Sakaratulmaut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya. (Q.S. Qaf: 19 )
Pertanyaan berikutnya ialah, apakah manusia mampu menghindari
Sakratulmaut? Jawabannya tentu ‘mustahil’. Karena Sakratulmaut adalah
voucher manusia untuk masuk ke Alam Barzakh, tempat penginapan mereka
yang ketiga yang sudah disiapkan oleh Pencipta, Raja dan Pemilik alam
semesta ini, yakni Allah Rabbul ‘Alamin, setelah kehidupan dalam rahim
ibu mereka dan kehidupan di atas bumi. Mereka tidak akan dapat mengelak
dan lari dari keharusan melewati sakratulmaut, sebagaimana mereka tidak
bisa mengelak dan menghindar dari ketentuan dan kehendak-Nya ketika
mereka diciptakan sebelumnya dari tidak ada menjadi ada.
Sebab itu, sebelum Sakratulmaut datang menghampiri kita, Allah
sebagai Pemilik dan Pengendali jagad raya mengajak kita memikirkan dan
menyaksikan kehendak, keputusan dan sistem-Nya tentang Sakratulmaut yang
telah menjadi kenyataan sehari-hari yang kita saksikan seperti yang
tercantum dalam surat Al-Waqi’ah berikut ini:
فَلَوْلا إِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُومَ (83) وَأَنْتُمْ
حِينَئِذٍ تَنْظُرُونَ (84) وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْكُمْ وَلَكِنْ
لا تُبْصِرُونَ (85) فَلَوْلا إِنْ كُنْتُمْ غَيْرَ مَدِينِينَ (86)
تَرْجِعُونَهَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (87)
“Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan, (83) padahal
kamu ketika itu menyaksikan (orang yang sedang sekarat itu) (84) dan
Kami lebih dekat kepadanya daripada kamu. Tetapi kamu tidak melihatnya
(85) maka kalaulah kamu tidak tunduk (pada Kehendak Allah) (86)
(pastilah) kamu (mampu) mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya
semula) jika kamu adalah orang-orang yang benar?” (Q.S. Al-Waqi’ah: 83 – 87)
Tentang kondisi Sakraulmaut tersebut, Sayyid Qutb menjelaskannya
dengan begitu indah dan menarik dalam tafsirnya “Fii Zhilal Al-Qur’an”,
sebagai berikut :
Apa gerangan yang akan Anda lakukan ketika nyawa telah berada di
tenggorokan? Anda sedang berada di persimpangan jalan yang majhul (tidak
diketahui). Kemudian, penggambaran Al-Qur’an yang inspiratif yang
melukiskan semua dimensi sikap dalam sentuhan-sentuahan yang cepat,
mengungkapkan semua kondisi yang sedang dihadapi, latar belakangnya dan
semua yang akan menginspirasikannya… Maka mengapa ketika nyawa sampai di
kerongkongan, padahal kamu ketika itu melihat (orang yang sedang
sekarat itu) dan Kami (dengan malaikat-malaikat) lebih dekat kepadanya
daripada kamu. Tetapi kamu tidak melihatnya…
Kita seakan mendengar suara tenggorokan orang yang sedang sekarat dan
melihat tatapan wajahnya, merasakan bencana dan kesulitan (yang
dihadapinya) lewat firman Allah, “Maka mengapa ketika nyawa sampai di
kerongkongan”. Sebagimana kita juga bisa melihat tatapan wajah yang tak
berdaya, putus asa yang dalam raut muka orang-orang yang hadir (di
sekitar orang sedang sekarat itu) lewat firman-Nya “ padahal kamu ketika
itu melihat (orang yang sedang sekarat itu)”.
Di sini, pada momen ini, sungguh ruh (nyawa) itu telah selesai dengan
urusan dunia. Ia telah meninggalkan bumi dan seisinya. Ia akan
menyambut dunia yang belum pernah ditempatinya…Ia tidak akan mampu lagi
menguasai sesuatu selain dari apa yang pernah ia tabung sebelumnya…
berupa kebaikan atau kejahatan yang dilakukannya…
Di sini, ia melihat, tapi ia tidak mampu membicarakan apa yang
dilihatnya… Ia telah terpisah dari orang-orang yang ada di sekitarnya
dan apa saja yang ada di sekelilingya…Hanya fisiknya yang bisa
disaksikan oleh yang hadir di sekitarnya…Mereka hanya melihat begitu
saja sedangkan mereka tidak bisa melihat apa yang sedang terjadi dan
tidak punya kuasa terhadapnya barang sedikitpun….
Di sini, kemampuan manusia terhenti… Ilmu pengetahuan manusia juga tidak berguna sebagaimana peran manusia juga tidak ada…Di sini, mereka mengerti, tapi tidak bisa membantahnya. Mereka lemah,…. lemah…..terbatas….terbatas…. Di sini layar diturunkan tanpa mereka lihat, tanpa sepengetahuan mereka dan tanpa kemampuan bergerak/berbuat.
Di sini, kemampuan manusia terhenti… Ilmu pengetahuan manusia juga tidak berguna sebagaimana peran manusia juga tidak ada…Di sini, mereka mengerti, tapi tidak bisa membantahnya. Mereka lemah,…. lemah…..terbatas….terbatas…. Di sini layar diturunkan tanpa mereka lihat, tanpa sepengetahuan mereka dan tanpa kemampuan bergerak/berbuat.
Di sini, yang berperan hanya Qudrat Ilahiyah (Kekuasaan Allah)… Ilmu
Ilahi…(Ilmu Allah)….Semua urusan murni milik Allah tanpa sedikitpun
keraguan, tanpa bantahan dan tanpa ada kiat-kiat apapun. “dan Kami lebih
dekat kepadanya daripada kamu”. Di sini, terjadi kebesaran sikap yang
membesarkan Kebesaran Allah… Kewibawaan dan kehadiran-Nya –Subhanahu
Wata’ala – sedangkan Dia hadir setiap waktu. Ungkapan itu membangunkan
perasaan akan suatu hakikat (kenyataan) yang dilupakan manusia.. Maka
tiba-tiba, majlis yang menghadiri kematian merasakan seramnya (suasana)
karena didominasi oleh ketakutan, kehadiran dan kebesaran-Nya…Yang
mendominasi ialah ketidakberdayaan, ketakutan, keterputusan dan
perpisahan…
Dalam kondisi liputan perasaan yang gemetaran, berdebar, putus asa,
dan duka lara, datanglah tantangan (Keputusan Allah) yang memotong semua
perkataan dan mengakhiri semua perdebatan : “. Maka jika kamu tidak
tunduk (pada Kehendak Allah), (pastilah) kamu (mampu) mengembalikan
nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar?”
Jika sekiranya masalahnya seperti yang kamu katakan : “sesungguhnya
tidak ada perhitungan dan tidak ada balasan”, berarti kamu orang-orang
yang bebas tanpa ada pembalasan dan perhitungan? Jika demikian, kamu
mampu mengembalikan nyawa – yang sudah sampai di tenggorokan itu – agar
kamu hindarkan ia dari kondisnya yang sedang menuju perhitungan dan
balasan itu…Padahal kamu berada di sekitarnya dan sedang menyaksikannya,
sedangkan ia berlalu menuju dunia yang besar, dan kamu diam saja dan
tidak berdaya…
Di sini, gugurlah semua alasan, habislah semua argumentasi, punahlah
semua kiat dan habislah bantahan…Dan tekanan hakikat (kenyataan) ini
membebani diri manusia. Sebab itu, mereka tidak akan mampu
bertahan,(dengan kondisi pembangkangannnya kepada Tuhan Pencipta)
kecuali jika mereka tetap menyombongkan diri tanpa bukti dan
argumentasi”
Kaum Muslimin rahimakumullah….
Terkait dengan sakratulmaut, manusia terbagi kepada tiga golongan.
Pertama, golongan “Muqarrabin”, yakni orang yang dekat dengan Tuhan
Pencipta ketika berada di dunia. Kedua, “Ash-habul Yamin” (Golongan
Kanan) yang merupakan bagian dari ‘Muqorrobin”. Ketiga, golongan
“al-mukadzi-dzibin adh-dhallain”, yakni orang-orang yang menentang dan
menantang kebenaran Tuhan Pencipta dan sistem hidup yang datang dari-Nya
dan tersesat dari jalan yang benar. Tentang ketiga golongan ini
dijelaskan Allah dalam firman-Nya :
فَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِينَ (88) فَرَوْحٌ
وَرَيْحَانٌ وَجَنَّةُ نَعِيمٍ (89) وَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ
الْيَمِينِ (90) فَسَلَامٌ لَكَ مِنْ أَصْحَابِ الْيَمِينِ (91) وَأَمَّا
إِنْ كَانَ مِنَ الْمُكَذِّبِينَ الضَّالِّينَ (92) فَنُزُلٌ مِنْ حَمِيمٍ
(93) وَتَصْلِيَةُ جَحِيمٍ (94) إِنَّ هَذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِينِ (95)
فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ (96)
“Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan
(kepada Allah), (88) maka dia memperoleh ketenteraman dan rezeki serta
Syurga kenikmatan.(89) Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan, (90)
maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan.(91) Dan adapun
jika dia termasuk golongan orang yang menolak (kebenaran Tuhan Pencipta
dan apa saja yang datang dari-Nya) lagi sesat, (92) maka dia mendapat
hidangan air yang mendidih, (93) dan dibakar di dalam Neraka.(94)
Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang
benar.(95) Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Maha
Besar (96)” (Q.S. Al-Waqi’ah: 88 – 96)
Ibnu Katsir, seorang ahli tafsir terkemuka menjelaskan ayat-ayat
tersebut di atas dengan penjelasan yang sangat indah dan menarik.
Alangkah baiknya kita simak penjelasan Beliau berikut ini : “ Inilah
tiga suasana yang dialami oleh manusia ketika sakratulmaut. Adakalanya
ia termasuk kaum ‘muqorrobin’ atau termasuk golongan yang ada di bawah
mereka, “Ash-habul Yamin” , yaitu yang termasuk golongan kanan, dan ada
yang teremasuk orang-orang yang mendustakan kebenaran, yang sesat dari
petunjuk dan tidak tahu menahu tentang perintah Allah (al-mukadzi-dzibin adh-dhallain).
Itulah sebabnya Allah SWT berfirman, “Adapun jika dia termasuk orang
yang didekatkan kepada Allah.” Mereka adalah orang-orang yang setia
mengerjakan hal-hal yang diwajibkan dan di sunnahkan. Dan, meninggalkan
hal-hal yang diharamkan dan dimakruhkan serta sebagian dari yang
diperbolehkan. ”Maka dia memperoleh ketenteraman dan rezeki serta Syurga
kenikmatan”. Dan, para Malaikat akan menyampaikan berita gembira itu
ketika sakratulmaut tiba, sebagaimana yang diterangkan di dalam hadits
Al-Barra’, Para Malaikat rahmat akan mengatakan, ‘hai ruh yang baik
dalam jasad yang baik, kamu telah memakmurkannya, keluarlah menuju
ketenteraman, rezeki, dan Tuhan yang tidak murka’.
Ruh dan Raihan dalam ayat ini berarti rahmat, rezeki, kegembiraan, dan kesenangan. “Dan Syurga kenikmatan”.
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Imam Syafii’ dari Imam Malik dari
Zuhri dari Abdurrahman bin Ka’ab bin Malik dari Ka’ab bahwa Rasul saw,
bersabda, “ Ruh seorang Mu’min itu berupa (bagaikan) burung yang
bergelantungan pada pohon Syurga sebelum Allah mengembalikan ruh itu ke
jasadnya ketika membangkitkannya kembali.” (pada hari kiamat nanti).
Abul Aliah mengatakan, “Tidak akan dipisahkan nyawa seorang
muqarrabin sebelum dihadirkan kepadanya satu dahan dari kenikmatan
Syurga, lalu ruhnya itu disimpan di sana.” Di dalam sebuah hadits shaheh
dikemukakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Ruh-ruh para Syuhada
(orang-orang yang mati sedang berjihad menegakkan agama Allah) itu dalam
tembolok burung hijau yang berterbangan di taman-taman Syurga kemana
saja mereka kehendaki, kemudian bermalam pada pelita-pelita yang
bergelantungan pada Arasy.”
Allah SWT berfirman, “Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan.”.
Yaitu, jika orang yang sedang mengalami sakratulmaut itu termauk
golongan kanan, “maka keselamatan bagimu, karena kamu termasuk golongan
kanan.” Yaitu, para Malaikat akan menyampaikan kabar gembira itu kepada
mereka. Hal ini sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya orang-orang
yang mengatakan, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan
pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka, ’Janganlah
kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah
kamu dengan Syurga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.’ Kamilah
pelindung-pelindungmu di dalam kehidupan dunia dan di Akhirat; di
dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan di dalamnya kamu
memperoleh pula apa yang kamu minta. Sebagai hidangan dari Tuhan Yang
Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Fush-shilat : 30 – 32)
Imam Bukhari mengatakan, “Maka salam sejahtera bagimu,” yaitu disampaikan salam kepadamu bahwa kamu termasuk golongan kanan.
Allah SWT berfirman, “ Dan adapun jika dia termasuk golongan orang
yang mendustakan lagi sesat, maka dia akan mendapatkan hidangan air yang
mendidih, dan dibakar di dalam Neraka.” Yaitu, bila orang yang tengah
mengalami sakratulmaut itu termasuk golongan yang mendustakan kebenaran
dan sesat dari jalan petunjuk, “maka dia mendapatkan hidangan dari air
yang mendidih,” Yaitu cairan yang akan melelehkan isi perut dan
kulit-kulit mereka. ” Dan dibakar di dalam Neraka,” yaitu dia akan
ditempatkan di dalam api Neraka yang akan menyelimutinya dari semua
arah.
Kemudian Allah berfirman, “Sesungguhnya ini adalah suatu keyakinan
yang benar,” yang tidak diragukan lagi. Tidak ada seorang pun yang dapat
menghindarinya. Dan dia adalah berita yang menjadi saksi. “Maka
bertasbihlah dengan nama Tuhanmu yang Maha Besar.” Diriwayatkan oleh
Imam Ahmad bahwa U’qbah bin Amir Al-Juhani berkata, “Maka bertasbihlan
dengan nama Tuhanmu yang Maha Besar, (subhana Robiyal ‘Azhim)‘
Rasulullah mengatakan, ‘Jadikanlah ayat ini bacaan ruku’ kamu.’ Dan
ketika turun wahyu kepada beliau, ‘Maka sucikanlah Tuhanmu yang Maha
Tinggi,’(subhana Robbiyal A’la). Rasulullah mengatakan, jadikanlah ayat
ini sebagai bacaan sujud kamu.”
Kaum Muslimin rahimakumullah….
Setelah kita melewati “Sakratulmaut” berarti kita sedang berada pada
batas terakhir dari perjalanan kita di dunia dan di batas awal memasuki
dunia baru yang bernama Barzakh. Untuk memasuki dunia baru tersebut
terlebih dulu kita harus membuka pintu masuknya. Pintu masuknya itu
bernama “Kematian”. Ya, Kematian… Itulah fase yang harus kita lewati
setelah melewati fase Sakratulmaut. Dengan kematian itu kita berhak
mendapatkan tempat di alam Barzakh.
Kematian adalah sesuatu yang ditakuti banyak orang. Kendati pada
kenyataanya, tidak ada seorangpun yang dapat menghindari atau lari dari
kematian itu. Siapapun dia, Presidenkah, Rajakah dia, Konglomerat kah
dia, Jendral berbintang lima kah dia, di mana dan kapanpun mereka
berada. Mereka pasti mati. Selama mereka memiliki nyawa, pasti akan
mengalami kematian. Hal ini telah menjadi ketentuan dan kehendak Tuhan
Pencipta sebagaimana di jelaskan-Nya dalam surat Ali Imran ayat 185 dan
Surat An-Nisa’ ayat 78 berikut ini :
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ…..(185)
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati…” (Q.S. Ali Imran: 185)
أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ (78)
Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…. (Q.S. An-Nisa’ : 78)
Kematian sudah ditentukan bagi setiap yang bernyawa. Kematian tidak
perlu dicari, karena ia yang mencari setiap yang bernyawa. Kematian
tidak bisa diwakilkan, dipindahkan atau take over oleh yang tidak
berhak, karena petugas kematian, yakni Malakul Maut yang diberikan tugas
khusus mengurusinya belum pernah menerima sogokan dan tidak akan
pernah. Karena semua Malaikat melakukan semua apa yang diperintahkan
Allah kepada mereka, tanpa sedikitpun disimpangkan apalagi dimanipulasi,
seperti yang Allah jelaskan :
قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ (11)
“Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)
mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan
dikembalikan.” (Q.S.As-Sajdah (32) :11)
Demikian juga, bahwa kematian akan datang pada saatnya atau ketika
ajal (batas)nya habis. Kematian tidak bisa diundurkan kendati barang
sedetik. Tidak sedikit orang yang mencoba untuk mengundurkan kematian,
tapi usahanya gagal dan sia sia belaka. Karena kematian adalah pintu
masuk tempat tinggal sementara ketiga kita, yakni alam Barzakh. Maka,
kitapun harus memasukinya, karena jatah menginap di penginapan di dunia
sudah habis serta tempat kita di dunia sudah dibooking Malaikat untuk
penghuni lain selain kita. Allah telah mengingatkan kita tentang hal ini
dan apa yang harus kita lakukan sebelum kematian (maut) itu menjemput
kita, seperti tercantum dalam firman-Nya berikut ini :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ
وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ
هُمُ الْخَاسِرُونَ (9) وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ
أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلا أَخَّرْتَنِي
إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ (10)
وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ
بِمَا تَعْمَلُونَ (11)
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan
anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang
berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.(9) Dan
belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari apa yang telah Kami berikan
kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu;
lalu ia berkata: “Ya Tuhan Penciptaku, mengapa Engkau tidak menangguhkan
(kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat
bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?” (10) Dan Allah
sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang
waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan
(11)” (Q.S. Al-Munafiqun : 9 – 11)
Nah, sebelum kita dijemput Kematian (Maut) yang waktunya Allah
rahasiakan… Ia bisa datang saat ini, satu detik setelah ini, satu menit
setelah ini, satu jam setelah ini, satu hari setelah ini, satu pekan
setelah ini, satu bulan setelah ini, atau satu tahun setelah ini dan
seterusnya….Sebelum Kematian menjemput kita, cobalah gunakan kecerdasan
Spiritual, Emotinal dan Intellectual yang Allah berikan kepada kita
untuk menangkap rahasia di balik Kematian itu. Lalu, tanya diri kita
dengan jujur seputar pertanyaan-pertanyaan berikut :
- Siapa yang menghadirkan saya ke dunia ini?
- Apakah saya sudah mengenal Tuhan Pencipta saya dengan baik?
- Apakah saya sudah mengenal Kitab Petunjuk Hidup (al-Qur’an) yang diturunkan-Nya untuk saya?
- Apakah saya sudah mengenal seorang manusia bernama Muhammad Bin Abdullah yang diutus-Nya untuk menjelaskan isi Kitab Petunjuk Hidup tersebut?
- Apakah saya akan hidup di dunia ini selama-lamanya?
- Tidak cukupkah kematian manusia yang saya lihat setiap hari di atas muka bumi ini dengan berbagai sebab, seperti gempa bumi, tsunami, angin topan, banjir bandang, perang, sakit jantung, darah tinggi dan bahkan ada yang tidak sakit sama sekali, menjadi pelajaran berharga bagi diri saya dan saya juga pasti akan mengalaminya, masalahnya hanya tinggal waktu?
- Bagaimana pandangan saya terhadap kehidupan dunia ini?
- Bekal apa yang sudah saya siapkan untuk menghadapi kehidupan setelah kematian?
- Apakah saya sudah mengevaluasi hidup saya sejak masa baligh (dewasa) sampai saat ini?
- Sudahkah saya memiliki 10 Katrakter Mulia yang menjadi syarat kesuksesan hidup saya di dunia dan di akhirat nanti, yakni aqidah bersih, ibadah benar, akhlak kokoh, wawasan luas, memiliki skil kehidupan, fisik sehat dan kuat, mampu mengendalikan syahwat, urusan teratur, manajemen waktu baik dan memiliki tanggung jawab sosial.
Kaum Muslimin rahimakumullah….
Demikianlah khutbah ini, semoga Allah menolong kita dalam merancang kematian yang akan kita hadapi. Semoga Allah membuka peluang bagi kita untuk meraih kematian dengan predikat al-muqarrabin atau minimal ashabul yamin dan melindungi kita dari termasuk golongan al-mukadz-dzibin adh-dhallin….
Demikianlah khutbah ini, semoga Allah menolong kita dalam merancang kematian yang akan kita hadapi. Semoga Allah membuka peluang bagi kita untuk meraih kematian dengan predikat al-muqarrabin atau minimal ashabul yamin dan melindungi kita dari termasuk golongan al-mukadz-dzibin adh-dhallin….
Dan semoga Allah berkenan membimbing kita ke jalan-Nya yang lurus,
yaitu jalan para nabi, shiddiqin, syuhadak dan sholihin. Allahumma amin…
(Mh)
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من
الآيات و الذكر الحكيم أقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم إنه تعالى جواد
كريم ملك رؤوف رحيم إنه هو السميع العليم …..
0 komentar:
Posting Komentar